asar semua jenis maksiat, lupa, dan syahwat adalah ridlo kepada nafsu. Dan dasar setiap ketaatan, ingat, dan menjaga diri adalah tidak ridlo dengan ajakan nafsu.
Jika engkau bersahabat dengan seseorang yang bodoh tetapi tidak menuruti keinginan nafsunya, itu lebih baik bagimu dari pada berteman dengan orang yang pandai tetapi ia menuruti hawa nafsunya.
Apakah masih dikatakan orang yang pandai, jika ia menuruti hawa nafsunya, dan apakah masih dinamakan bodoh, orang yang tidak menuruti keinginan hawa nafsunya?!
Sesungguhnya ridlo pada nafsu dapat menutupi mata hati. Sehingga baginya yang buruk akan terlihat baik. Sebaliknya, jika ia tidak menuruti nafsunya, akan terbuka mata hatinya, sehingga ia akan melihat yang buruk itu buruk dan yang baik itu baik.
Barangsiapa yang ridlo pada ajakan hawa nafsunya, maka ia akan dikuasai oleh lupa kepada Allah. Sehingga ia tidak akan memperhatikan dan mengawasi hal-hal yang dapat mengotori hatinya.
Syahwat akan senantiasa mengalahkannya karena ia tidak memiliki alat pengawas dalam hatinya. Dan pada akhirnya ia akan terjatuh dalam jurang kemaksiatan. Sesungguhnya lupa dan syahwat adalah sebab maksiat. Sedangkan ingat dan menjaga diri adalah sebab taat.
Ridlo pada ajakan hawa nafsu adalah dasar dari segala macam jenis kemaksiatan. Di dalam hadits dikatakan, “musuhmu yang paling besar adalah nafsumu yang terletak diantara kedua lambungmu”.
Yusuf berkata di dalam firman Allah,
وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لأمَّارَةٌ بِالسُّوءِ
Dan Aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan. (QS. Yusuf: 53).
Karena ridlo pada ajakan hawa nafsu seringkali menjadi kebiasaan orang-orang yang mendalami ilmu-ilmu dzohir -yaitu orang-orang yang tidak dapat menunjukkan penyakit-penyakit hatinya- maka pengarang mencegah kita untuk bertema dengan mereka.
Sesunggunya berteman dengan orang-orang bodoh (baca: yang tidak mendalami ilmu-ilmu dzohir) tetapi tidak menuruti hawa nafsunya, lebih memberikan manfaat bagimu dari pada berteman dengan orang yang menguasai ilmu dzohir tetapi ia menuruti ajakan hawa nafsu.
Sesungguhnya ukuran kemanfaatan dalam pertemanan adalah bertambahnya keyakinan kita akan keagungan, kebesaran, dan kebaikan Allah SWT. Dan hal ini tidak mungkin terjadi kecuali berteman dengan orang-orang yang bisa mengetahui dan melihat peyakit-penyakit hati dan yang mengobatinya, bukan dengan orang yang menguasai ilmu akal dan ilmu syareat.
Apakah masih dinamakan ‘alim, seseorang yang tidak mendapatkan manfaat dengan ilmunya karena masih menuruti hawa nafsunya?!. Dan apakah masih disebut orang bodoh jika kebodohannya tidak membahayakannya, karena ia tidak ridlo dengan ajakan hawa nafsunya?!.
Hendaknya seorang murid tidak berteman kecuali dengan orang-orang ‘arif, karena mereka mampu melihat penyakit-penyakit hatimu dan tidak menuruti ajakan hawa nafsu.

Tidak ada orang pintar bila tidak diamalkan ilmu yang diperolehnya
Dan tidak ada orang bodoh bila disertai dengan belajar disetiap harinya, bahkan dari apa yang di alami, apa yang di lihat, serta apa yang ditulis dan di bacanya pun akan di jadikan ilmu dan amanah buatnya.
Mendengar dan diam bukan berarti tak bisa untuk berkata, namun orang yang pandai senantiasa lebih memilih diam karena orang yang pandai tahu bahwa banyak bicara maka dari situlah jalan masuknya dusta.
Dan orang yang banyak bicara namun tidak bisa mengamalkan apa yang ia katakan maka sejatinya dia adalah orang munafiq.
Orang yang menganggap dirinya bodoh terkadang harus diam untk menghormati dan menjaga perasaan orang lain.
Bodoh dimata manusia bukan berarti bodoh di hadapan Alloh
Hina di mata manusia bukan berarti hina di hadapan Alloh.
Bukan kah kita Pernah mendengar kisah uwaiys al Qorni ra?
Uwaiys al Qorni ra adalah orang yang sangat bodoh dan terhina di kalangan masyarakat sekitarnya, namun subhanalloh, Uwaiys al Qorni adalah orang yang sangat mulia di mata Alloh bahkan para penghuni langit mengenalinya, sehingga bila Uwaiys al Qorni berdo’a, Alloh langsung mengabulkan do’anya.
Uwaiys al Qorni ra hanyalah tukang gembala onta yang sangat miskin, namun keta’atan terhadap Alloh dan ta’atnya etrhadap ibunya serta kecintaan terhadap RosulNYA lah yang membuat Alloh memuliakan Uwaiys al Qorni.
Uwaiys al Qorni selalu menjaga wudlu, bahkan hendak mengambil makanan buat ontapun beliau berwudlu terlebih dahulu.
ROSULULLOH SAW bersabda :
Barang siapa bertambah ilmunya tapi hidayahnya tidak bertambah maka ia akan semakin jauh dari alloh swt, sebab tanpa waro’ maka ilmunya akan di gunakan ubtuk hal hal yang tidak baik.
ROSULULLOH SAW bersabda :
Orang bodoh itu rusak kecuali orang yang alim dan orang yang alim juga rusak kecuali yang mengamalkan ilmunya,dan yang mengamalkan juga rusak kecuali orang yang ikhlas karena alloh swt.
sumber : http://www.embunhati.com, http://www.jejakislam.com/

0 komentar:

Posting Komentar