Tugas  1 
Nama  : M .Jainuddin
Kelas   : II C
Nim     :10615068


 1. Ethereal
    
Ethereal adalah penganalisa/pendeteksi lalu lintas jaringan dengan men-capture paket dalam jaringan secara langsung dan menayangkan isi dari paket tersebut.
1.     Instal paket ethereal dari repositori “Universe”
2.     Pilih: Applications->Internet->Ethereal
         Software ini berjalan baik di linux. Dengan grafiknya mempermudah melihat setiap detail sebuah paket dan frame ethernet
Dalam tulisan ini akan di jelaskan teknik sniffing menggunakan Ethereal ,untuk melihat tutorial teknik penggunaan sofware Ethereal cobalah klik Cara Kerja Internet (TCP/IP) Menggunakan Sniffer Ethereal.

2.Swatch
 Swatch adalah tools untuk memonitor log file.  Log file sangat berguna untuk troubleshooting masalah.  Mereka bahkan lebih berguna, untuk mencegah masalah atau trouble. File log dapat menunjukkan program yang mengalami kesalahan, kekurangan ruang disk, penambahan pengguna atau user, dan upaya yang ilegal untuk masuk ke sistem. Kebanyakan sistem otomatis informasi log hanya untuk administrator. Administrator yang, bagaimanapun, masih perlu melihat file log dan mengevaluasi isi dan cara membaca  entri log
Untuk dapat mendeteksi hardware pada saat pertama kali di plug [dicolokin], menggunakan “swatch”
Install terlebih dulu “swatch”
=> apt-get install swatch
Kemudian buat file konfigurasi dengan nama ~/.swatchrc
watchfor / sd/
exec tail /var/log/messages > data
exec cat /dev/null > /tmp/devp
exec cat data | grep -e “sd[a-z]:” > /tmp/data
exec bash ~/pg2
Untuk penggunaan swatch lebih lanjut baca manual swatch, man swatch atau dengan googling

3.NMAP
Nmap adalah tools pemetaan jaringan (network) terbaik yang pernah ada sejauh ini. Panggunaannya yang praktis, konfigurasi yang mudah, dan kehandalannya dalam memetakan jaringan komputer di manapun. Dengan Nmap, anda dapat mengetahui komputer-komputer (hosts) apa saja yang sedang terhubung dalam sebuah jaringan, apa service (aplikasi) yang sedang dijalankan komputer itu (host), apa sistem operasi komputer yang dipakai, apa tipe firewall yang digunakan, dan karakteristik lainnya dari komputer.
 
Nmap atau Network Mapper juga berfungsi untuk melakukan port scanning. Nmap dibuat oleh Gordon Lyon, atau lebih dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich. Aplikasi ini digunakan untuk meng-audit jaringan yang ada. Dengan menggunakan tool ini, kita dapat melihat host yang aktif, port yang terbuka, Sistem Operasi yangdigunakan, dan feature-feature scanning lainnya. 
Cara untuk install nmap di Ubuntu sangatlah mudah, cuma melakukan download dari internet :
  => sudo apt-get install nmap
banyak  trik yang digunakan  dalam menjalankan Nmap,dengan klik link 10 cara menggunakan NMAP kita akan mengetahui  10 cara untuk menggunakannya.




   

1 komentar: